Kebijakan Privasi

Dalam Kebijakan Privasi ini, penggunaan istilah (i) “Telkom”, atau “Kami” merujuk pada PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, suatu Badan Usaha Milik Negara yang didirikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia; (ii) “Pengguna” merujuk pada setiap pihak yang membuka, menggunakan, atau mengakses situs web ini; (iii) “Data Pribadi” merujuk pada informasi mengenai Pengguna yang secara pribadi dapat diidentifikasi yang dikumpulkan melalui Situs atau dari sumber lain yang sah, seperti nama, alamat, tanggal lahir, nomor telepon, lokasi bekerja, alamat surat elektronik (e-mail) Pengguna dan/atau sejenisnya sebagaimana dimaksud dalam Peraturan yang Berlaku; (iv) “Situs” merujuk pada Situs Web ini atau Situs Web yang sedang Pengguna akses; (v) “Assessment” adalah serangkaian metode yang dirancang untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan, pengetahuan, keterampilan individu, atau personal atribut dalam kaitannya dengan tuntutan pekerjaan tertentu; (vi) “Development” adalah program pengembangan karyawan berdasarkan kompetensi dan/atau personal quality; dan (vii) “Seleksi” adalah kegiatan yang dilakukan dengan mengacu pada aspek-aspek yang ditetapkan untuk memastikan rekrutmen karyawan dapat menyediakan talent yang sesuai dengan syarat dan kriteria yang ditetapkan Perusahaan.

Kami menyadari bahwa informasi Pengguna bersifat rahasia dan pribadi, oleh karena itu Kami berkomitmen untuk melindungi dan merahasiakan data Pengguna sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Dengan menggunakan situs ini, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua isi Kebijakan Privasi ini dan Pengguna memberikan persetujuan kepada Kami untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menampilkan, mengirimkan, membuka, menyimpan, mengubah, menghapus, mengelola dan/atau mempergunakan data tersebut untuk tujuan sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi ini.

  1. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi
    1. Data Pribadi yang mungkin dikumpulkan termasuk namun tidak terbatas pada:
      1. Data Pribadi yang diserahkan sendiri oleh Pengguna: meliputi data Identitas termasuk nama lengkap, nama pengguna, kata sandi, kartu tanda penduduk, kartu identitas pengguna atau pengenal lainnya, tanggal kelahiran, tempat kelahiran, alamat, email, dan nomor telepon.
      2. Data Pribadi yang diserahkan oleh pihak lain secara sah: meliputi data yang diperoleh dari perusahaan yang menugaskan Pengguna untuk kegiatan Assessment atau Development atau Seleksi dan data hasil kegiatan Assessment atau Development atau Seleksi.
      3. Data Pribadi dari aktivitas perangkat Pengguna, meliputi alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas penggunaan sistem, dan jenis peramban (browser) yang digunakan.
    2. Perolehan dan pengumpulan Data Pribadi Pengguna oleh Kami dilakukan terbatas untuk tujuan sebagai berikut:
      1. Mengidentifikasi dan mendaftarkan Pengguna sebagai Pengguna, menonaktifkan, atau mengelola akun Pengguna pada Situs Kami;
      2. Memfasilitasi atau memungkinkan verifikasi apapun yang menurut pertimbangan Kami diperlukan untuk penyediaan layanan atau sebelum Kami mendaftarkan Pengguna sebagai Pengguna, termasuk melakukan proses KYC ( Know Your Customer);
      3. Memungkinkan Kami untuk menyediakan layanan, baik layanan yang telah tersedia, layanan yang Pengguna minta, maupun layanan yang akan tersedia mendatang;
      4. Berkomunikasi dengan Pengguna dan mengirimkan data atau informasi sehubungan dengan penggunaan Situs;
      5. Memberitahu Pengguna mengenai segala pembaruan pada Situs atau perubahan pada layanan yang disediakan;
      6. Memproses, menyelesaikan dan menanggapi keluhan, permasalahan, pertanyaan dan saran yang diterima dari Pengguna;
      7. Memfasilitasi, memproses dan menyelesaikan penilaian Assessment atau Development atau Seleksi dari Pengguna;
      8. Memungkinkan Kami untuk melakukan penelitian dan riset dengan tetap menjaga kerahasiaan Data Pribadi Pengguna.
    3. Selain dari Data Pribadi yang dimaksud pada Poin 1b, Kami dapat meminta Data Pribadi lainnya di kemudian hari yang sesuai kebutuhan dengan mendapatkan persetujuan dari Pengguna.
    4. Dengan memberikan Data Pribadi sebagaimana Poin 1a di atas pada saat menggunakan layanan sebagai Pengguna, Pengguna menyetujui pemberian data untuk digunakan oleh Kami dalam menyelenggarakan layanan Kami.
    5. Data Pribadi yang diberikan merupakan data Pengguna yang benar. Apabila Pengguna memberikan pernyataan, informasi, atau Data Pribadi yang tidak benar, tidak jelas, tidak akurat, atau tidak lengkap, maka Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas data yang diberikan dan melepaskan Kami dari seluruh konsekuensi yang timbul.

  2. Pengolahan dan Penganalisaan Data Pribadi
    Data Pengguna akan digunakan terbatas untuk tujuan penyelenggaraan layanan Kami sesuai pada poin 1 (satu).

  3. Penyimpanan Data Pribadi
    1. Data Pribadi Pengguna yang disimpan telah melalui proses verifikasi dan terenkripsi selama layanan beroperasi.
    2. Apabila layanan Kami sudah tidak beroperasi, Kami berhak menyimpan dan menggunakan Data Pribadi Pengguna sampai paling lama 5 (lima) tahun.
    3. Kami menggunakan database dengan infrastruktur & server Pihak Ketiga (third party), cloud, atau semacamnya yang terpercaya dan sesuai dengan standar industri, serta menggunakan perangkat lunak yang legal.

  4. Keamanan dan Privasi Data Pribadi
    1. Keamanan
      1. Kami melakukan tindakan teknis dan organisasi, kontrol internal, dan rutinitas keamanan data yang dimaksudkan untuk melindungi Data Pribadi Pengguna dari kehilangan atau perubahan yang tidak disengaja, pengungkapan atau akses yang tidak sah, atau perusakan yang melanggar hukum.
      2. Pengguna bertanggung jawab terhadap keamanan Data Pribadi yang digunakan untuk mengoperasikan layanan termasuk di dalamnya password atau kode keamanan (security code) lainnya untuk mencegah penyalahgunaan pihak lain.
    2. Privasi
      Data Pribadi Pengguna akan digunakan hanya untuk keperluan penyelenggaraan layanan Kami sebagaimana didetailkan pada poin 1b dan tidak akan diserahkan, ditampilkan, diungkapkan kepada pihak ketiga tanpa persetujuan Pengguna, kecuali terdapat permintaan data dari Aparat Penegak Hukum atau Pejabat yang berwenang lainnya maupun karena diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan.

  5. Perubahan dan Pembaruan Data Pribadi

    Pengguna menyatakan bersedia dan menjamin untuk senantiasa memperbaharui Data Pribadi melalui situs ini apabila ada perubahan data yang terkait dengan Pengguna tanpa mengganggu pengelolaan Data Pribadi.

  6. Penampilan, Pengumuman, Transfer, Penyebarluasan, atau Pengungkapan Data Pribadi

    Kami hanya akan menampilkan, mengumumkan, mentransfer, menyebarluaskan, dan/atau mengungkapkan Data Pribadi Pengguna dalam sistem berdasarkan keadaan seperti berikut:

    1. Atas Persetujuan Pengguna untuk tujuan yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini;
    2. Telah dilakukan verifikasi keakuratan dan kesesuaian dari Data Pribadi tersebut; dan
    3. Untuk keperluan proses penegakan hukum, di mana penyelenggara sistem elektronik wajib memberikan Data Pribadi yang terdapat dalam sistem elektronik atau Data Pribadi yang dihasilkan oleh sistem elektronik atas permintaan yang sah dari aparat penegak hukum berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  7. Penghapusan dan/atau Pemusnahan Data Pribadi

    Penghapusan dan/atau pemusnahan Data Pribadi hanya dapat dilakukan jika:

    1. Data Pribadi Pengguna yang berada dibawah kendali Kami tidak lagi relevan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya;
    2. Telah melewati ketentuan jangka waktu penyimpanan Data Pribadi dalam sistem elektronik berdasarkan peraturan perundang-undangan atau sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya yang secara khusus mengatur di masing-masing instansi pengawas dan pengatur sektor untuk itu; atau
    3. Dengan mengesampingkan Poin 3b, Pengguna dapat mengajukan Permohonan Penghapusan dan/atau pemusnahan Data Pribadi apabila Pengguna tidak lagi menggunakan layanan Kami.

  8. Cookies
    Cookies adalah file kecil yang terekam secara otomatis di perangkat Pengguna (komputer, ponsel, tablet, atau perangkat lainnya) saat Pengguna menggunakan layanan. Cookies memungkinkan Kami untuk mengingat tindakan atau preferensi dan pengaturan Pengguna dari waktu ke waktu termasuk mengingat informasi yang Pengguna berikan saat menggunakan layanan. Adapun data yang terekam adalah informasi default user yaitu username, nama dan email.
    1. Kami mengkategorikan Cookies sebagai berikut:
      1. Cookies Esensial
        Cookies ini sangat penting untuk menjalankan layanan kami dan memungkinkan Pengguna untuk menggunakan fitur-fiturnya. Tanpa cookies ini, Kami tidak dapat menyediakan layanan yang Pengguna minta.
      2. Cookies Fungsional
        Cookies ini mengumpulkan informasi tentang bagaimana Pengguna menggunakan Situs atau Aplikasi kami, misalnya, halaman mana yang paling sering dikunjungi. Informasi ini digunakan untuk meningkatkan kinerja layanan.
    2. Pengguna dapat mengelola atau menolak cookies melalui pengaturan browser Pengguna. Namun, perlu diketahui bahwa menonaktifkan cookies dapat memengaruhi fungsionalitas layanan sesuai dengan kategorisasi cookies yang telah Kami sampaikan. Misalnya, Pengguna mungkin tidak dapat menggunakan fitur-fitur tertentu atau menyimpan preferensi Pengguna.

  9. Hak Pengguna
    1. Kami melakukan pemrosesan Data Pribadi sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan. Oleh karena itu, tanpa mengesampingkan ketentuan lain dalam Kebijakan Privasi ini, Kami menghormati hak-hak Pengguna yang telah dijamin oleh Peraturan Perundang-undangan. Sepanjang dimungkinkan oleh Peraturan Perundang-undangan, Pengguna dapat menggunakan hak Pengguna dengan menghubungi Kami dan menyampaikan rincian jenis hak dan identitas Pengguna.
    2. Kami berhak melakukan penolakan atas penggunaan hak yang Pengguna ajukan berdasarkan hasil verifikasi faktual yang kami lakukan dan/atau alasan lain yang dimungkinkan oleh Peraturan Perundang-undangan di bidang Pelindungan Data Pribadi.

  10. Pembaruan Kebijakan Privasi
    1. Kami dapat meninjau dan mengubah Kebijakan Privasi ini atas kebijakan Kami sendiri untuk memastikan bahwa ketentuan-ketentuan dalam Pemberitahuan Privasi ini konsisten dengan perkembangan Kami di masa depan, dan/atau jika terdapat perubahan peraturan perundang-undangan dan/atau perintah dari Otoritas Berwenang untuk Kami mengubah ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini.
    2. Kami akan memberitahu Pengguna mengenai perubahan sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) di atas melalui pemberitahuan publik pada website dan/atau Aplikasi Kami, atau melalui pemberitahuan khusus ke alamat email Pengguna ataupun kontak Pengguna yang terdaftar pada sistem Kami.
    3. Pengguna setuju bahwa Pengguna bertanggung jawab sendiri untuk meninjau Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk mengetahui informasi terbaru mengenai Kebijakan Privasi ini melalui website ini.
    4. Dengan Pengguna tetap:
      1. Terdaftar sebagai Pengguna;
      2. Menyerahkan Data Pribadi Pengguna kepada Kami atau menyetujui penyimpanan dan pemrosesan Data Pribadi yang Kami lakukan;
      3. Melakukan transaksi dan/atau menyetujui pemrosesan transaksi yang Kami lakukan;
      4. Mengunjungi dan/atau menggunakan seluruh atau sebagian fitur yang telah kami sediakan dalam layanan; dan/atau
      5. Melakukan komunikasi dengan Kami.
      Maka Pengguna telah menyetujui setiap perubahan dan/atau pembaruan yang Kami berlakukan.

  11. Cara menghubungi Kami

    Jika Pengguna memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang Kebijakan Privasi atau ingin memperbarui atau menghapus data Pengguna maka silakan hubungi Kami di: aci@telkom.co.id

  12. Penutup
    Kebijakan Privasi ini mulai berlaku pada saat ditetapkan oleh Kami pada tanggal 5 November 2024